Pantai Surumanis Kebumen, Alamat, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Pantai-pantai di sepanjang wilayah Laut Selatan memiliki keindahan yang menakjubkan. Selain itu, pantai-pantai ini juga dikenal memiliki ombak yang cukup besar, pasir putih yang indah, dan bebatuan karang eksotis.

Pada pertengahan tahun 2017, sebuah objek wisata pantai baru diresmikan di ujung selatan Kota Kebumen. Pantai ini diberi nama Pantai Surumanis Kebumen. Meskipun lokasinya cukup tersembunyi, keberadaan pantai ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal maupun dari luar kota berkat kemajuan teknologi.

Banyak foto-foto menakjubkan dari pengunjung yang beredar di media sosial, memperlihatkan keindahan pantai Surumanis Kebumen dengan latar belakang bebatuan khas pantai di Laut Selatan.

Pantai di Kebumen ini memiliki tebing-tebing hijau yang menawan, ditambah dengan keberadaan karang dan bebatuan yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Menurut informasi yang diperoleh oleh redaksi datawisata.com, panjang pantai Surumanis sekitar 600 meter. Karena masih jarang dikunjungi, kondisi pantai ini terlihat alami dan bersih.

Ketenangan dan keindahan pantai ini membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk bersenang-senang dengan teman-teman atau hanya sekadar mencari ketenangan dan keindahan alam.

Meskipun merupakan wisata baru di Kebumen, pihak pengelola pantai terus berusaha mengembangkan sarana dan prasarana di lokasi ini.

Beberapa sudut tempat foto baru telah disediakan oleh pengelola untuk para pengunjung yang ingin berfoto dan berselfie ria. Hal ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki hobi fotografi.

Bentuk pantai Surumanis menyerupai sebuah teluk, sehingga ombak yang mencapai tepi pantai relatif tenang karena sudah dipatahkan oleh bebatuan di sekitarnya. Keindahan perbukitan hijau dan kondisi pantai yang masih sepi menciptakan suasana yang santai.


Pantai Surumanis sangat direkomendasikan sebagai tujuan wisata bagi para pengunjung yang ingin melepaskan penat akibat rutinitas yang melelahkan.

Meskipun akses menuju lokasi wisata ini memerlukan sedikit perjuangan, segala usaha yang dilakukan akan terbayar lunas ketika menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan.

Panorama pantai Surumanis Kebumen akan menyegarkan mata pengunjung. Di samping batu karang yang mengelilingi pasir berwarna hitam coklat, terdapat juga tempat yang memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan pemandangan dari berbagai sudut.

Pengunjung harus meniti bukit dan menuruni bukit untuk mencapai lokasi ini. Jika berada di atas bukit, pengunjung bisa menyaksikan panorama pantai Surumanis beserta sejumlah pantai lainnya di sekitarnya.

Bagi yang penasaran dengan keindahan pantai di Kebumen, sebaiknya langsung mengunjungi Pantai Surumanis. Lokasi wisata ini berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai Surumanis terletak di sebelah timur pantai Pacaron.

Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung akan melewati jalur-jalur bukit yang terjal. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan kuat untuk melewati medan jalan yang belum begitu bagus.

Pengendara dihimbau untuk lebih berhati-hati saat melintas dan menjaga kondisi tubuh tetap prima. Pengunjung bisa mengikuti petunjuk jalan yang telah disediakan untuk mencapai lokasi wisata.


Untuk masuk ke lokasi wisata, pengunjung perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Biaya retribusi tersebut digunakan oleh pengelola untuk meningkatkan sarana dan prasarana serta kebersihan lokasi wisata. Sebagai wisatawan yang bijak, diharapkan untuk membawa perlengkapan liburan secukupnya dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Demikianlah informasi mengenai Alamat dan Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis. Semoga artikel ini memberikan referensi liburan pantai di Kebumen.

Jika informasi ini bermanfaat, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk membaca artikel lainnya yang membahas destinasi wisata, kuliner, dan daftar hotel di berbagai daerah.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.