7 Film Horor Indonesia Tentang Santet, Ngerinya Gak Ada Obat

Film Sewu Dino (2023) berhasil menciptakan sensasi yang mengerikan dengan cerita santet 1000 hari yang menimpa keluarga Karsa Atmojo. Santet ini menggambarkan seorang gadis yang menjadi malaikat kematian bagi keluarganya sendiri, sebuah ancaman yang sangat berbahaya.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi film-film horor Indonesia lainnya dengan tema santet yang juga tak kalah menarik. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui film-film seru yang patut kamu tonton.

1. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Film Ratu Ilmu Hitam (2019) yang disutradarai oleh Kimo Stamboel bisa menjadi pilihan yang setara dengan Sewu Dino (2023). Film ini adalah remake dari horor klasik Indonesia yang dikemas dengan baik oleh Kimo Stamboel. Dalam film ini, kamu akan menemukan unsur klenik dan adegan santet yang lebih sadis daripada Sewu Dino (2023).

Selain itu, kualitas akting dari para aktor ternama seperti Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Adhisty Zara, Ari Irham, Muzakki Ramdhan, Miller Khan, dan Sheila Dara Aisha juga patut diapresiasi. Film ini mengisahkan reuni para penghuni panti asuhan yang mengunjungi Pak Bondi yang sedang sakit. Namun, perjalanan mereka diganggu oleh kejadian ganjil dan teror setelah melihat penampakan sosok Ibu Mirah, penjaga panti yang sudah meninggal.

2. Qodrat (2022)

Film Qodrat (2022) merupakan film horor-religi yang memiliki premis cerita mirip dengan Sewu Dino (2023). Disutradarai oleh Charles Ghozali, film ini mengisahkan tentang padepokan pesantren dan desa yang diselimuti oleh aura hitam. Setelah kehilangan putra semata wayangnya, Qodrat (diperankan oleh Vino G. Bastian) pulang ke padepokan tempatnya menimba ilmu.

Namun, ia dihadapkan pada peristiwa kerasukan dan kematian masyarakat dengan cara yang tidak wajar. Ketika Qodrat menemui seorang anak yang memiliki nama yang sama dengan putranya yang telah meninggal, ia tergerak untuk ikut campur dalam masalah tersebut. Film ini akan membawa penonton dalam perjalanan misteri yang mengungkap fakta-fakta baru tentang teror yang terjadi di desa dan pesantren.

3. Mangkujiwo 2 (2022)

Jika dalam Sewu Dino (2023) Marthino Lio adalah pengirim santet, maka dalam Mangkujiwo 2 (2022) ia adalah korban santet. Film ini merupakan sekuel dari Mangkujiwo (2020) dan mengisahkan tentang ritual lahirnya kuntilanak merah dan santet yang dikirim oleh Romo Brotoseno kepada rival-rivalnya.

Marthino Lio memainkan peran penting dalam film ini, bersama dengan Sujiwo Tejo, Yasamin Jasem, Karina Suwandi, dan Djenar Maesa Ayu. Sutradara Azhar Kinoi Lubis berhasil menciptakan suasana ngeri dengan adegan jagal dan unsur klenik dalam film ini.

4. The Origin of Santet (2018)

Film The Origin of Santet (2018) mungkin terdengar asing bagi beberapa orang, tetapi film ini dapat menggambarkan dengan jelas bagaimana santet bekerja. Kisahnya dimulai ketika pasangan Rendy dan Laura kembali ke Indonesia untuk mencari tahu penyebab ayah Rendy yang dikabarkan meninggal bunuh diri.

Kedatangan mereka di rumah orang tua Rendy diikuti oleh serangkaian kejadian mistis. Kesehatan ibu Rendy yang tidak wajar, muntah darah dan pecahan kaca yang tiba-tiba oleh Laura, serta kondisi aneh anak-anak mereka. Film ini akan membawa penonton dalam perjalanan misteri untuk mengungkap penyebab teror tersebut.

5. Teluh (2022)

Film Teluh (2022) merupakan film lain yang mengangkat tema santet. Disutradarai oleh Dedy Mercy, film ini mengisahkan tentang Yulia, seorang karyawati yang ditemukan tewas dengan cara digantung oleh seseorang yang tidak dikenal. Terungkap bahwa Yulia adalah selingkuhan dari Pak Indra, seorang pengusaha batik terkenal.

Rumah Pak Indra mulai didatangi oleh bola api yang dipercaya sebagai simbol malapetaka dalam suku Jawa. Keluarga Pak Indra mengalami gangguan mistis yang aneh satu per satu. Pak Indra berusaha melawan pengaruh teluh yang dikirim untuk melindungi keluarganya.

6. Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

Film horor Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018) yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis juga menawarkan cerita santet yang menegangkan. Film ini dibintangi oleh Putri Ayudya, Sujiwo Tejo, Rangga Azof, dan Nadya Arina. Selain adegan klenik dan sosok hantu menyeramkan, film ini juga menampilkan adegan santet yang cukup sadis.

Ceritanya berpusat pada sebuah keluarga yang menderita akibat santet. Ketika Pak Herman tiba-tiba tewas dengan cara yang mengerikan, anak dan istri yang terkejut merasa teror tersebut semakin intens. Namun, kemudian terungkap bahwa teror tersebut dilakukan oleh seseorang yang memiliki dendam pada Pak Herman dan keluarganya.

7. Santet (1988)

Film Santet (1988) merupakan film horor klasik Indonesia yang tetap menakutkan untuk ditonton. Disutradarai oleh Naryono Prayitno, film ini dibintangi oleh Suzanna sebagai Katemi dan Jagat Karana sebagai Bisman, pria yang mengirim santet pada Katemi. Ceritanya berawal dari penolakan Katemi terhadap cinta Bisman, seorang duda.

Bisman menghasut warga bahwa Katemi adalah dukun santet yang telah membunuh istrinya yang telah meninggal. Akibat fitnah tersebut, Katemi dikejar oleh warga dan bersembunyi di sebuah gua yang dihuni oleh Nyi Angker. Di gua itu, Katemi belajar ilmu santet dari Nyi Angker dan membalas dendamnya kepada Bisman.

Santet adalah ilmu hitam yang sangat berbahaya dan menakutkan. Pengaruhnya dapat merusak kehidupan seseorang bahkan dengan cara yang kejam. Dari beberapa rekomendasi film dengan tema santet seperti Sewu Dino (2023) di atas, masing-masing film menawarkan suasana menakutkan yang unik. Pilihan film yang menakutkan tergantung pada preferensi dan ketertarikan pribadi masing-masing penonton.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.